Spesifikasi, Kekurangan, dan Kelebihan Oppo A12

Spesifikasi, Kekurangan, dan Kelebihan Oppo A12

Oppo, brand smartphone asal Tiongkok kembali meluncurkan produk terbaru, yakni Oppo A12. Oppo A12 hadir setelah Oppo A91 dan Oppo A31. Oppo A12 ini hadir ditujukan untuk kelas menengah bawah dengan menekankan keunggulan pada performa, penyimpanan, dan kapasitas daya untuk main game slot joker.

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, smartphone ini memiliki bobot 165 gram dan dibekali spesifikasi yang mumpuni, yaitu chipset Helio P35 yang masih tergolong unggul.

Selain chipset yang performanya unggul, Oppo A12 juga dibekali OS Android 9 (Pie) yang meskipun bukan paling baru, tetapi memberikan fitur yang oke. Kemudian dari segi penyimpanan internal, Oppo A12 menyediakan 32GB 3GB RAM dan 64GB 4GB RAM. Namun ruang penyimpanan tersebut bisa diekspansi dengan slot microSD.

Smartphone ini pun memiliki kamera yang memadai dengan dual-kamera utama dan satu kamera depan. Kamera utama beresolusi 13 MP dan 2 MP yang dilengkapi mode profesional, portrait, hingga time-lapse photography. Kemudian untuk kamera depan, resolusinya 5 MP dan sangat mendukung untuk selfie secara bagus. Kamera depan ini ditampung dengan desain notch water-drop.

Dari segi bodi, Oppo A12 ini memiliki layar yang amasih HD+ dan sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3. Desain bodinya juga tergolong mewah dengan 3D Diamond Blaze. Di bagian bodi belakang terdapat sensor sidik jari dan ada fasilitas AI Face Unlock untuk fitur unlock perangkat.

Yang menarik lagi, Oppo A12 memiliki keunggulan dari segi kapasitas daya yang besar, yaitu 4230 mAh. Untuk kepentingan browsing, streaming, gaming, tentu akan memberi kenyamanan karena tahan lama.
Kapasitas baterai ini sayangnya belum didukung fitur fast charging. Untuk itu, coba deh simak dulu spesifikasi Oppo A12 versi lengkap sebagai berikut untuk bahan pertimbangan.

Spesifikasi Oppo A12

– Dimensi : 155,9 x 75,5 x 8,3 mm (6,14 x 2,97 x 0,33 inch)
– Berat : 165 g
– Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors berukuran 6,22 inci, resolusi 720 x 1560 piksel, 95,0 cm2 (~80,7% screen to body ratio), dengan ratio aspek 19,5:9
– Bentuk : Glass front, plastic back, plastic frame
– SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– OS : Android 9,0 (Pie); ColorOS 6,1
– CPU : Octa-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
– GPU : PowerVR GE8320
– Memory card slot : microSDXC (dedicated slot)
– Penyimpanan internal : 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM eMMC 5.1

– Kamera utama :

– 13 MP, f/2.2, 1/3.1?, 1.12µm, PDAF
– 2 MP, f/2.4 (depth)
– Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama, dan 1080p@30fps untuk video
– Kamera depan :
– 5 MP, f/2.0, 1/5?, 1.12µm
– dilengkapi fitur HDR dan 1080p@30fps untuk video
– Sound: dilengkapi loudspeaker, 3,5 mm jack audio
– Baterai : non-removable Li-Po berkapasitas 4230 mAh
– Konektivitas : 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 2 A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio, microUSB 2.0, USB On-The-Go
– Sensor : fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
– Warna : Blue, Black

Dari spesifikasi Oppo A12 secara lengkap tersebut, masing-masing bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli ponsel yang memiliki pilihan warna Hitam dan Biru ini.
Tentunya, ada juga kelebihan dan kekurangan yang juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Oppo A12 yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Oppo A12
1. Desainnya oke dan nyaman saat digenggam

Kelebihan Oppo A12 yang pertama terletak pada segi desain bodi yang dimiliki. Konsep desain dari bodinya adalah 3D Diamond Blaze Design dengan pola diamond cut.

Berukuran layar 6,22 inchi, smartphone ini cenderung mudah digenggap dan nggak terlalu besar. Selain itu, Oppo A12 ini juga menggunakan konsep water drop yang menempatkan kamera selfie di atas.
Ponsel yang satu ini terdiri dari 2 warna yang elegan, yaitu Black dan Blue.

2. Memiliki performa yang bagus

Kelebihan Oppo A12 lainnya adalah ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P35 yang memiliki konfigurasi octa-core. Hal ini menyebabkan performa Oppo A12 lumayan unggul.

Apalagi Mediatek Helio P35 nggak begitu jauh berbeda dengan Qualcomm Snapdragon 665 yang saat ini populer.
Kemudian untuk OS, smartphone ini menggunakan Android 9 (Pie) dengan antarmuka ColorOS 6.1. Meksipun nggak menggunakan OS Android terbaru (10), tetapi Android Pie juga unggul untuk smartphone pada kelas ini.

3. Memiliki baterai berkapasitas besar

Baterai menjadi penunjang yang sangat penting yang mendukung kecanggihan smartphone dan ketahanannya selama pemakaian. Kelebihan Oppo A12 ini yaitu kapasitas baterainya cukup besar, yakni 4230 mAh.
Kapasitas baterai ini lebih unggul dibanding Oppo seri sebelumnya yaitu Oppo A31. Tentunya baterai yang besar akan memberi kenyamanan saat pemakaian smartphone selama berjam-jam.
Oh ya, Oppo mengklaim kalau kapasitas baterai ini bisa digunakan untuk menonton film online hingga 17 jam atau bermain game selama 8 jam.

4. Dual kamera yang bisa diandalkan

Untuk smartphone dalam segmen yang menggunakan dual kamera, Oppo A12 memiliki kelebihan dari segi kamera yang bisa diandalkan. Kamera utama memiliki resolusi 13 MP dan ada kamera depth 2 MP. Lalu untuk kamera depan, resolusinya adalah 5 MP.

Untuk kebutuhan swafoto tentu sangat mendukung. Kemudian kamera-kamera tersebut juga dibekali beberapa optimasi seperti AI Beautification, Potrait Bokeh, dan Dazzle Color Mode.

5. Kapasitas memori internal dan RAM yang lumayan

Kelebihan Oppo A12 selanjutnya terletak pada memori internal yang kapasitasnya besar untuk segmen smartphone kelas menengah, yaitu 32 GB dan 64 GB. Memori tersebut bahkan bisa diekspansi dengan slot microSD.
Nggak cuma memori internal, smartphone satu ini pun memiliki RAM yang juga besar, yaitu 3 GB hingga 4 GB. Pastinya kapasitas RAM ini mendukung untuk kamu yang hobi bermain game, browsing, dan membutuhkan banyak aplikasi.

Untuk smartphone segmen kelas menengah bawah, kelebihan Oppo A12 tersebut lumayan oke. Apalagi keunggulan yang dimiliki ini ada pada segi performa, kamera, dan baterai.

Di mana hal-hal tersebut biasanya menjadi pertimbangan penting. Namun tetap saja pertimbangan memilih smartphone keluaran terbaru harus disesuaikan kebutuhan. Nah, selain kelebihan, ada beberapa kekurangan Oppo A12 sebagai berikut.

Kekurangan Oppo A12
1. Layar masih beresolusi HD+

Kekurangan dari Oppo A12 ini antara lain dari segi layar yang kurang memberikan tampilan bagus. Layar dari Oppo A12 ini masih dibekali dengan resolusi HD+ (720 x 1560 piksel).
Resolusi ini akan membuat tampilan kurang tajam saat menonton video, streaming film, atau main game. Namun layar HD+ ini ada sedikit keuntungan, yaitu menghabiskan daya yang lebih sedikit dibanding Full HD.

2. Belum mendukung fast charging

Untuk baterai berkapasitas besar, kekurangan Oppo A12 ini yaitu belum dibekali fasilitas fast charging. Pengisian baterai sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 – 2,5 jam dari kosong hingga penuh.
Tentu ini akan memakan waktu lama sehingga perlu juga dipertimbangkan.

3. Harga cenderung kemahalan

Oppo A12 ini dibanderol dengan harga Rp 2,4 jutaan. Harga tersebut bisa dibilang kemahalan untuk spesifikasi yang dimiliki. Apalagi banyak sekali kompetitor yang memberikan opsi smartphone harga 2 jutaan yang spesifikasinya lebih mumpuni. Kekurangan Oppo A12 yang satu ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan lebih matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *